01 Februari 2020

#CeritaRetjehEmak Januari 2020

31 Januari 2020

"Abang mau dibawain oleh-oleh apa, Nak?"

"Ga ada, Mak... Pulang aja. Hati-hati di jalan, jangan lupa pake masker! Minum vitamin!"

Punya anak cowok satu-satunya gak pernah minta apapun, ke manapun Emaknya pergi. Selalu begitu.

Giliran anak cewek...

Kakak, "Beliin vnc satu, Mak! Sama tote bag yg pake resleting sama ini juga ... Bla bla bla."

Adek, "Coklat yg kayak waktu itu aja, Mak. Setoples ya sama ... Bla bla bla."

Emak 🙄🙄🙄

 

28 Januari 2020

IGD Semalam...

Dokter, "Punya darah tinggi, Pak?"

Emak, "Iya! Punya."

Ayah, "Gak ada! Kemaren general check up stabil."

Dokternya periksa tekanan darah tinggi Ayah, hasilnya... Tinggi.

Dokter, "Sudah makan, Pak?"

Ayah, "Udah tadi di kantor."

Emak sibuk melambai dari belakang, isyarat ke dokter 'belum makan' dari 5 jam lalu.

Dokter, "Terakhir makan jam berapa, Pak?"

Ayah diam sebentar sebelum menjawab, "jam makan siang, Dok."

Ayah, "Kalo sakit perut begini, saya susah tidur!"

Emak diam aja, menyodorkan obat. Gak sampe 5 menit, Ayah tidur.

Saat Emak mengurus resep dan jadwal check lainnya, petugasnya berkata, "Semoga ayahnya cepat sembuh. Yang sabar ngurusnya ya Mbak."

Enak tersenyum semanis mungkin. "Beliau suami saya. Saya istri mudanya."

Terserahlah mau dianggap apa. Kadang lelah memberi klarifikasi. Sekalian aja deh. 😅☺

 

24 Januari 2020

Ceritanya tadi siang menasehati anak-anak SMP dalam sesi tanya jawab.

"Bu, gimana caranya supaya bisa menulis kayak Ibu?"

"Baca, Nak. Membaca. Banyak baca, maka kamu bisa banyak mengerti banyak hal dan akhirnya ya bisa menuliskan dari sudut pandang kamu sendiri."

"Dulu waktu seumur kami, Ibu udah suka membaca dan menulis?"

"Seumur kalian, saya harus menulis cerita remaja bersambung di kolom remaja koran daerah tiap hari Minggu jadi hampir tiap hari sepulang sekolah nongkrong di perpustakaan.... (Panjang penjelasannya)"

"Perpustakaan mana, Bu? Perpusnas (Jakarta)? Emang dulu udah sebagus sekarang ya Bu?"

"Bukaaan. Waktu SMP, saya tinggal di Samarinda. Perpustakaannya ya standar aja. Gak sebagus apalagi seadem perpustakaan zaman sekarang. Malah perpusnya sebelahan sama komplek kuburan. Taman Makam Pahlawan."

"Pantesan... "

"Hah?"

"Pantesan Ibu tau banyak hal, Ibu pasti bisa komunikasi dengan orang halus ya? Serem-serem gak Bu?"

😑😑😑

Please, Nak! Attention to the real thing!


23 Januari 2020

Setelah dikirimin uang bulanan. 



19 Januari 2020

Gara-gara minyak kayu putih...

Suatu ketika Emak pernah memperingatkan anak-anak untuk tidak sembarangan meletakkan botol minyak kayu putih. Apalagi kalo rumah kami sedang dikunjungi batita dan balita.

Anak-anak Emak semuanya suka bayi, kecuali Kakak yang demennya 'menjahili' anak manapun di bawah usianya. Jadi mereka suka sekali meminjam bayi tetangga atau kadang malah dititipin.

Soal botol minyak kayu putih itu karena anak dari salah satu teman Ayah dan Emak pernah meminum minyak kayu putih. Hasilnya ia mengalami pendarahan hebat karena satu gerakan kecil bisa mengakibatkan pembuluh darahnya pecah. Ibunya cerita, anaknya buang air semuanya berisi darah segar.

Anak itu alhamdulillah tertolong setelah dipax hingga ke Singapura dari belantara tambang di Kalimantan Timur. Semua biaya ditanggung perusahaan.

Emak cerita supaya anak-anak aware. Example for advice.

Tapi dari ketiga anak Emak, Adek merespon dengan cara unik.

"Tiap kali liat minyak kayu putih, kebayang cerita Emak deh... "

"Makanya hati-hati, jangan sembarangan naruh. Anak bayi itu ingin tahunya besar. Habis make taruh lagi ke kotak (P3K)!"

Adek tertawa, "Bukan itu sih yang kebayang Mak."

"Apaan?"

"Gara-gara minum minyak kayu putih, dia jadi bisa ke Singapur gratis kan?"

Emak 😑😑😑

Ini contoh salah pov deh kayaknya 😬



9 Januari 2020

Ke kantor Ayah...

Front Office (FO), "Selamat siang, Mbak... "

Emak, "Saya Indah."

FO, "Mbak Indah mau ketemu siapa?"

Emak, "Mau ketemu Pak Ajid ada?"

FO, "Keperluannya apa ya Mbak?"

Emak, "Mau nganterin barangnya yang ketinggalan, Pak."

FO, "Ketinggalan?"

Emak, "Saya istri Pak Ajid, Pak. Mau nganterin ponsel suami saya."

FO, "Ooooh... Astaga. Maaf Bu! Maaf saya pangling. Mangga Bu, silakan! Langsung aja Bu!"

Dari 'Mbak' jadi 'Ibu'... 😅😅

Usia istri itu emang benar-benar tergantung suaminya yaaa.


2 Januari 2020

Ayah, "Kalian kapan masuk sekolah?"

Adek, "Gak tau! Waktu Emak ambil raport kan Adek gak ikut."

Abang, "Gak tau juga Yah! Kan ambilnya buru2, gak sempat nanya."

Ayah 😑 "Yang sekolah Emak sama Ayah ya?"

Kakak, "Kakak dong tau..."

Ayah, "Kapan?"

Kakak, "Sehari setelah pulang dari KL nanti sama Mamak."

Ayah, "Iya, tanggal berapa?"

Kakak, "Tanggal berapa itu, Mak?"

Emak dan Ayah 🙄🙄🙄














 

Tidak ada komentar: